Di ajang CES 2014, Intel memperkenalkan komputer canggih yang berukuran sebesar memori SD atau SD card yang diberi nama Edison. Intel Edison ini adalah komputer pertama yang kembangkan berdasarkan platform ultra-mobile Intel Quark. Apa saja yang ditawarkan oleh Intel Edison? Simak ulasan berikut ini.
Intel Edison, Komputer Canggih Seukuran Memori SD

Produsen prosesor x86 terbesar di dunia, Intel, secara resmi memperkenalkan komputer canggih seukuran memori SD. Komputer bernama Intel Edison ini dikembangkan dari platform Intel Quark yang didesain khusus untuk kebutuhan ultra-mobile yang sensitif dalam hal konsumsi daya.

Intel mengatakan bahwa Edison ini sangat ideal digunakan untuk wearable-computer seperti kacamata pintar dan smartwatch yang saat ini mulai populer. Intel Edison ini terdiri dari prosesor x86 yang sebagai dapur pacu utamanya dan dilengkapi dengan mikrokontroler untuk mengelola input/output dan fungsi dasar lainnya.

Komputer mini Intel Edison ini kompatibel dengan sistem operasi Linux yang memungkinkan untuk menjalankan aplikasi yang menarik bagi pengguna. Meski ukurannya kecil, Intel Edison ini didukung oleh konektivitas yang cukup lengkap, sebut saja WiFi dan Bluetooth.

Intel Edison ini didukung oleh memori RAM jenis LPDDR2 dan memori NAND flash yang dapat di-upgrade sesuai dengan keinginan produsen atau pengguna. Tak hanya itu, Intel berencana untuk menghadirkan App Store untuk mendukung komputer mini Edison ini.

“Wearables computer tidak di mana-mana hari ini karena mereka belum memecahkan masalah nyata dan mereka belum terintegrasi dengan gaya hidup kita. Kita berfokus mengatasi tantangan ini dengan inovasi. Tujuan kami adalah, jika sesuatu komputer dan menghubungkan, itu tidak terbaik dengan Intel Inside, ” kata Brian Krzanich, CEO Intel.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (07/01/2013), sayanganya tak banyak perusahaan yang tertarik dengan komputer canggih Intel Edison ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top